Tokyo Awasi Kehadiran Kapal AL Rusia dan China

Foto: Sekelompok kapal angkatan laut dari Rusia dan China melakukan patroli militer maritim bersama di perairan Samudra Pasifik, dalam gambar diam yang diambil dari video yang dirilis pada 23 Oktober 2021. (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia via REUTERS)


SulutPos.com, Tokyo – Jepang mengatakan sedang memantau wilayah laut dan udara di sekitarnya pada Senin (25/10) setelah lima kapal angkatan laut Rusia berlayar melintasi Selat Tsushima. Pertengahan Oktober lalu, kapal-kapal Rusia itu dan lima kapal China juga melintasi selat tersebut.

Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki mengatakan di Tokyo bahwa kapal-kapal Rusia terlihat melintas di sekitar Selat Tsugaru di Jepang utara, ke Selat Osumi di barat daya.

“Pemerintah mengamati kegiatan itu dengan seksama. Kami akan terus melakukan segala upaya yang mungkin untuk melakukan kegiatan yang memperingatkan dan mengawasi wilayah laut dan udara di sekitar Jepang,” katanya.

Isozaki juga mengukuhkan bahwa helikopter berangkat dan tiba dari kapal-kapal angkatan laut China dan Rusia itu. Sebagai tanggapan, Angkatan Udara Jepang mengerahkan jet-jetnya

Dia mengatakan Pasukan Pembela Maritim mengkonfirmasi 10 kapal telah berlayar melintasi Laut Cina Timur melalui Selat Tsugaru dan di sekitar Kepulauan Izu dan Selat Osumi sejak 18 Oktober. [ka/ab]

VOA News

(Visited 98 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?