Alasan Pentingnya Vaksinasi COVID-19

Pandemi virus Corona belum juga berakhir, hingga kini yang mempunyai pengaruh sangat luas diberbagai negara. Dampak yang paling menonjol dalam virus Corona adalah dibidang kesehatan dan ekonomi. Guna menekan kasus yang terus bertambah dan memulihkan kondisi ekonomi, Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkan vaksin COVID-19.

Lantas, apa alasan setiap orang harus menjalani vaksinasi COVID-19? Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. Saat ini, vaksin COVID-19 tengah didistribusikan ke seluruh masyarakat Indonesia.

Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARSCoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu. Alasan tersebut antara lain anak-anak atau remaja berusia di bawah 12 tahun dan orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol. Vaksin COVID-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus Corona.

Jadi, pastikan untuk selalu mempertahankan daya tahan tubuh atau imun yang kuat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta beristirahat yang cukup dan tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun dan kapan pun.

Hal ini karena dengan imunitas tubuh yang kuat, tidak akan mudah sakit sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orangorang di sekitar yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Vaksin COVID-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara.

Mari dengan sadar membantu Pemerintah Negara Indonesia dalam mesukseskan program vaksinasi COVID-19 yang diberikan secara gratis demi kepentingan kita bersama yaitu untuk mengakhiri pandemi virus Corona.

Nadya Natasya Soputan, Mahasiswa Universitas Negeri Manado
Nadya Natasya Soputan, Mahasiswa Universitas Negeri Manado
(Visited 136 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?