Kebersamaan Umat Hindu di Tondano Melaksanakan Hari Raya Kuningan

Foto: Umat Hindu yang berada di Tondano melaksanakan persembahyaan bersama di pura Danumandara, Sabtu, 20 November 2021. (Foto: Ni Wayan Juniasih)


Seperti yang kita telah ketahui setelah merayakan Hari Raya Galungan, umat Hindu Bali biasanya akan merayakan Hari Raya Kuningan. Apakah Hari Raya Kuningan itu? Hari Raya Kuningan adalah hari raya bagi umat Hindu Bali yang jatuh pada hari Saniscara (Sabtu) kliwon wuku Kuningan dan dilaksanakan setiap 210 hari menggunakan perhitungan kalender Bali (1 bulan dalam kalender Bali adalah 35 hari). Biasanya Hari Raya Kuningan dirayakan 10 hari setelah Hari Raya Galungan.

Persiapan hari raya Kuningan ini sudah dipersiapkan sajak 2 hari sebelum hari H. Dalam hal tersebut hari pertama kami mahasiswa Hindu Universitas Negeri Manado melaksanakan bersih-bersih bersama. Pada hari ke-2 kami melaksanakan perayaan penampahan Kuningan, yang ditandai dengan membuat sate dan ngelawar (dalam bahasa Bali).

Dan pada hari Sabtu, 20 November 2021, tepatnya pada hari Saniscara (Sabtu) Kliwon kami Umat Hindu yang berada di Tondano melaksanakan persembahyaan bersama di pura Danumandara. Umat yang melakukan persambahyangan di pura ini rata-rata adalah mahasiswa Hindu Universitas Negeri Manado, para perantau, dan ada juga masyarakat yang memang berdomisili di sini.

Penulis Ni Wayan Juniasih, Mahasiswa S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Manado.
Penulis: Ni Wayan Juniasih, Mahasiswa S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Manado.
(Visited 762 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?